Perempuan Cerdas

                                                 " Perempuan Cerdas"


Assalamualaikum

Di dalam Islam, perempuan yang pantas dinikahi melalui empat pekara yakni karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu perempuan yang punya agama, engkau akan beruntung.” (HR. Al-Bukhari).  Berbicara diluar dari konteks tersebut,  ada hal yang beruntung jika laki-laki memiliki satu sosok ini yakni Perempuan cerdas. Perempuan cerdas yang disebutkan tersebut bukan berbicara ia pintar di bidang matematika, geografi, sejarah, kedokteran, dan sebagainya dalam dunia keilmuwan. Namun perempuan yang cerdas yaitu perempuan yang mampu mengelola semua problema seperti mana ia hadapi sebagai seorang anak, seorang kakak, seorang pacar, seorang istri bahkan seorang Ibu. Perempuan cerdas adalah orang yang mampu menempatkan diri sesuaai kodratnya dan tidak menyalahi kodratnya seyogya seorang wanita” (Nuraeni, 2012). 
Perempuan ini akan mampu bertahan dalam dua alam dan dimana pun ia berada dan ia akan bertahan hidup. Hal ini dibuktikan dengan kepandaian mereka dalam bermain psikologi dan kematangan menyulam emosi dan tindakan mereka sesuai nilai-nilai yang telah diajarkan agama tetapi juga berdasarkan intelektual. Cara perlakuan dan kebijaksanaan mereka dalam menghadapi situasi ini dapat dipahami beberapa tindakannya sebagai berikut:
1.  Perempuan yang cerdas mampu menghadapi sikap laki-laki dengan berbagai karakter dengan cara pendekatan
2.  Perempuan cerdas mampu mengendalikan emosi dan berpikir positif ditandai dengan tersenyum, bersemangat dan berkata " I’m Wonder Women”.
3. Perempuan cerdas mampu memahami situasi. Ia akan mampu mengelola saat masalah datang dan mengklarifikasi masalah tersebut dengan cara melihat sebab dan akibat  yang akan dihadapi. Dalam hal ini, perempuan cerdas akan mendengar dan melihat berbagai sudut pandangan dan saran dari oranglain sebelum bertindak.
4.  Wanita cerdas menjaga ucapan karena sebaik-baiknya wanita adalah menjaga aib suami dan keluarganya.
5.  Perempuan cerdas tidak akan kuno, tetang iptek dan ketinggalan zaman dalam menghadapi arus globalisasi namun mempertahankan sisi moral.
6. Perempuan yang cerdas tidak Norak dan mampu memecingkan penampilan sesuai situasi (dan selalu menjaga aurat,OK!)
7.  Perempuan yang cerdas mampu mendidik anak dengan memahami kebutuhan dan jiwa serta karakter anak sesuai umur yang berlandaskan moral. Dalam hal ini, mereka akan berpikir keras membentengi anak-anaknya dari hal-hal negatif tentu saja sesuai agama namun tidak melupakan ilmu lainnya.
8. Perempuan cerdas sangat mencintai persahabatan, karena mereka penuh kasih sayang. (apalagi sama suami dan keluarga, ya)
9. Terakhir, wanita CERDAS memahami agama adalah patokan paling utama dan merasa agama adalah kebutuhan yang wajib yang harus dipenuhi sebagaimana ia telah diciptakan oleh Tuhannya.
Perempuan cerdas tidak mungkin terjadi secara alami bukan?? tetapi melainkan lewat pengalaman dan ilmu yang peroleh dari segala penjuru manapun J J J J
Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Sambas

Dendangan “Kapal Belon” : Aspek Sejarah dan Moral

Lirik Lagu Gile Lelong (Sambas)